Rabu, 12 Desember 2012

BLUE FLAME KAWAH IJEN

blue flame ijen crater, api biru kawah ijen, blue fire ijen crater, blue fire kawah ijen
Blue Flame Ijen Crater
          Blue Flame Ijen Crater. Akhir pekan tiba.. tepat tanggal 8 Juni 2012 hari jum'at setelah pulang ngantor segera bergegas menyiapkan perlengkapan, karena petualangan kali ini jatuh pada KAWAH IJEN. Setelah siap, secepatnya berangkat tanpa lupa sungkem orang tua  agar selamat di  perjalanan. Dengan sedikit wajah bingung Ibu bertanya "kok KAWAH IJEN lagi?" dan kujawab dengan singkat, padat, dan membingungkan "tujuan lokasi sama bu tapi yang dicari beda". Ibu tidak bertanya lagi walaupun masih bingung dengan jawaban yang telah saya sampaikan karena saya telah keluar dari rumah.
        Kali ini perjalanan sedikit berbeda karena kami berlima Pak Camat Sempol RIZKY IDHAM LUKMANA, EKO NUR HIDAYAT, AGUS ADHADI L, DIAZ ZULKARNAIN B dan Saya tidak bisa berangkat bersama sehingga dibentuk 2 kloter untuk mencapai CAMP1 ( Kantor Kecamatan Sempol ) karena AGUS ADHADI L dan DIAZ ZULKARNAIN B harus menyelesaikan pekerjaan kantornya.
Kloter 1 ( RIZKY IDHAM LUKMANA, EKO NUR HIDAYAT, dan Saya ) berangkat dari Bondowoso pukul 15.00 WIB .Tengah perjalanan tepatnya di desa Kalisat kami sempatkan istirahat di Ijen Cafe untuk menikmati pemandangan Sempol, setelah itu perjalanan kami lanjutkan menuju CAMP1 dan tiba pukul 17.00 WIB, 2 jam kemudian Kloter 2 menyusul.
         Sesampai di CAMP1 Kami melepaskan lelah selama perjalanan dengan bermain kartu gaplek/domino hingga larut malam ( disarankan untuk istirahat daripada main kartu ). Pukul 22.30 WIB kami mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan malam menuju KAWAH IJEN, tepat pukul 23.00 WIB kami berangkat menuju paltuding ( pos masuk KAWAH IJEN ).
        Mobil kami parkir di Paltuding dan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 2jam menuju kaldera KAWAH IJEN. Dari kaldera kami harus turun menuju penambangan belerang sekitar 15 menit karena disanalah API BIRU / BLUE FLAME KAWAH IJEN yang keluar dari celah - celah bebatuan.

Tidak ada komentar: