Rabu, 23 Mei 2012

MENGGAPAI PELANGI DI TANCAK KEMBAR


Perjalanan kini menuju arah barat Kabupaten Bondowoso tepatnya di Desa Andungsari Kecamatan Pakem yaitu Wisata Alam Air Terjun Tancak Kembar. Jarak lokasi air terjun Tancak Kembar ± 15 Km dari terminal bondowoso dan membutuhkan waktu 40 menit menggunakan motor pribadi.
Selama perjalanan kita akan selalu disuguhkan dengan pemandangan yang indah mulai dari pemandangan sistem pertanian terasiring, pemandangan Kota Bondowoso dari ketinggian Desa Andungsari hingga air terjun selain air terjun tancak kembar itu sendiri. Air terjun ini digunakan penduduk Desa Andungsari untuk mengairi tanaman tembakau mereka pada saat musim kemarau, namun memasuki musim penghujan yang panjang penduduk Andungsari beralih menanam jagung.

Memasuki daerah air terjun Tancak Kembar, kita akan melewati pemandangan hutan asri yang dibelah aliran sungai jernih yang disela-selanya tumbuh tanaman pakis tinggi seakan kita berada di hutan purba. Tak mau kalah dengan indahnya pemandangan hutan asri, gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menerpa batu – batu juga turut terdengar seakan mengucapkan selamat datang di wisata alam air terjun Tancak Kembar.


Disebut Tancak Kembar karena memiliki 2 air terjun yang saling berdekatan seakan nampak sama atau kembar. Air terjun Tancak Kembar sendiri memiliki ketinggian ± 77 meter dengan air yang jernih dan dapat langsung diminum. Konon mitos yang dipercaya masyarakat sekitar jika kita mencuci muka atau mandi di air dari tancak kembar akan membuat awet muda, namun apapun mitosnya kenyataannya tancak kembar memiliki pemandangan yang indah.



Rasanya belum lengkap jika kita hanya datang kesana tanpa mandi dengan air segar pegunungan di tancak kembar. Tanpa banyak basa – basi, saya dan sahabat saya Diaz Zulkarnain Baroqiez langsung berganti pakaian dan menceburkan diri di bawah terpaan air terjun. Disarankan untuk tidak berada langsung di bawah terpaan air terjun karena derasnya debit air.
  


Derasnya debit air yang jatuh menghantam bebatuan mengakibatkan butiran –butiran air berterbangan di udara, sehingga menampakkan cahaya matahari yang polikromatik dan membentuk busur spectrum yang tidak begitu besar dan sering kita sebut sebagai pelangi atau bianglala di sekitar area air terjun. Fenomena alam yang indah tidak kami sia – siakan, dengan sigap Diaz Zulkarnaen Baroqiez mengambil Handphone berkameranya untuk mengabadikan pelangi tersebut. Benar – benar waktu yang pas untuk berkunjung ke air terjun Tancak Kembar.

MENGGAPAI PELANGI DI TANCAK KEMBAR
Perut yang sudah kosong alias kelaparan sepertinya sudah tidak bisa diajak kompromi untuk berlama – lama mandi dibawah pelangi, untuk itu kami pun bergegas untuk membersihkan diri. Masih dengan pakaian yang basah kami segera membuka bekal kami berupa nasi yang dibungkus daun pisang. Acara makan pun semakin nikmat selain sudah lapar lauk tahu, tempe, telur dan sambal menemani nasi beraroma daun pisang yang sudah layu akibat hangatnya nasi.
Pakaian basah sudah kami ganti dengan pakaian yang kering setelah itu Diaz ZulkarnainBaroqiez membuka termos kecil berisi kopi hangat. Sungguh mantap... menikmati hangatnya kopi dengan pemandangan Tancak Kembar.

Sebelum pulang meninggalkan lokasi tancak kembar, kami kumpulkan sampah - sampah bekas kami dan sampah pengunjung lain dalam radius 2 meter karena tempat yang indah tak layak untuk dikotori manusia.



dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2,dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2,
 

5 komentar:

Lez mengatakan...

kereen bagus, mantap gan ^^

Unknown mengatakan...

Thanks bu Lez...

Anonim mengatakan...

Pingin kesana ueeeey

Unknown mengatakan...

Silahkan gan

Anonim mengatakan...

Slots - Casino Site - Lucky Club
Slots, where you can play in real-time with real luckyclub.live dealers, and win big with them. Sign up with the LUCKEST VIP club. Join today.