Selasa, 15 Mei 2012

AIR TERJUN PULO AGUNG


Tumpukan berkas – berkas pekerjaan yang semakin lama semakin menggunung saat ini perlu dianak tirikan terlebih dahulu mengingat kondisi psikis yang sudah loyo dan perlu di refresh, terlebih menginjak akhir pekan. Hari Jum’at setelah pulang dari kantor tanpa banyak pikir langsung menghubungi sahabat saya AgusAdhadi Leono untuk menanyakan lokasi wisata air terjun Pulo Agung yang kebetulan letaknya berada di dekat tempat tinggal orang tuanya yang kebetulan lagi bapaknya adalah ex-kepala desa di sana.

Pucuk dicinta ulam tiba…. Saat kutanyakan lokasinya ternyata dia berada di rumah orang tuanya dan siap mengantar ke lokasi air terjun Pulo Agung ( dapat guide gratis nih ). Sabtu tanggal 12 Mei 2012 setelah menyelesaikan tugas kantor tepatnya pukul 10.40 WIB saya bergegas berangkat menuju rumah Agus Adhadi Leono yang sudah menunggu sejak tadi ( maaf bos kesiangan nylesein tugas Negara dulu.. ).

Pemberian nama Pulo Agung pada air terjun ini dikarenakan  letaknya yang berada di Dusun Pulo Agung Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin.

Jarak tempuh menuju lokasi air terjun Pulo Agung kurang lebih 40 Km dari pusat kota Bondowoso. Akses untuk mencapai lokasi air terjun Pulo Agung selain menggunakan kendaraan pribadi dapat juga menggunakan kendaraan umum. Kondisi jalan dari pusat kota menuju Desa Sukorejo dapat dikatakan mulus namun permasalahannya berada pada kondisi jalan untuk mencapai lokasi air terjun Pulo Agung yang belum beraspal dan berbatu, namun hal tersebut bukan suatu masalah karena pemandangan alamnya sangat bagus dan sejuk karena melewati perkebunan kopi milik masyarakat .
  Sesampai di lokasi air terjun Pulo Agung kepenatan fisik dan pikiran benar-benar hilang seakan terbawa indahnya arus air dari aliran air terjun Pulo Agung. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter tersebut mampu menghipnotis setiap pengunjung dengan keindahannya. Pemandangan sekeliling air terjun sebagai instrument penyempurna keindahan Pulo Agung adalah kebun kopi robusta milik rakyat. Lingkungan yang bersih juga turut andil memberi nilai plus kepada air terjun Pulo Agung sebagai kawasan wisata alam yang masih jarang dijamah oleh manusia.

Air terjun Pulo Agung sendiri dulunya pernah dikelola oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Perhubungan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bondowoso dengan membangun Shelter di area air terjun, namun kondisi shelter tersebut kini hanya tersisa pondasinya saja. Disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk menuju ke air terjun Pulo Agung karena belum adanya fasilitas penunjang seperti toko makanan maupun warung di lokasi air terjun Pulo Agung. 




Rangkuman Perjalanan Menggunakan Transportasi Umum :
Ø    Terminal Bondowoso – Balai Desa Sukorejo. Kendaraan umum  jurusan Kawah Ijen, ongkos Rp. 10.000,-  (45menit );
Ø    Balai Desa Sukorejo – Dusun Pulo Agung. Ojeg motor, ongkos Rp. 15.000,- (10menit );
Ø    Dusun Pulo Agung – Lokasi air terjun Pulo Agung. Jalan Kaki, gratis dah… ( 10menit ).

Tags : Pulo Agung Waterfall, Air Terjun Pulo Agung, Wisata Alam Pulo Agung, Air Terjun Sumber Wingin 

dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2,dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2,
 

8 komentar:

Anonim mengatakan...

asyik infonya...

Unknown mengatakan...

Kalau ada waktu silahkan menikmati indahnya alam Bondowoso

Lez mengatakan...

like bgt tmpatx bagus... ^^
ditunggu info tempat wisata yg lbih bnyak di bondowoso...

Unknown mengatakan...

info yang lain masih dalam draft mbak.. tunggu aja ntar pasti ditayangkan.
kapan nih mau ikut bertualang lagi? hehehe...

Lez mengatakan...

hahaha cuti dulu pk ntar klo dah fit gabung lgi dunk ma backpacker bondowoso ^^

Unknown mengatakan...

ok ditunggu juga ponakanq,hahaha...

enviro blog mengatakan...

Sipp mas broo
Salam kenal

Unknown mengatakan...

Terimakasih agan Faizol Hezim, salam kenal juga.