Rabu, 13 Juni 2012

RAFTING BOSAMBA


BOSAMBA RAFTING
          BOSAMBA. Sungai sebagai salah satu bagian siklus hidrologi berperan penting dalam peradaban manusia. Kemanfaatannya sangat urgent untuk keseimbangan hidup manusia, flora dan fauna, mulai dari Bahan baku air minum, saluran irigasi, saluran pembuangan air hujan dan saat ini mulai marak dieksploitasi sebagai tempat wisata.
          Bondowoso sebagai salah satu daerah otonom yang mencoba membidik sektor pariwisata dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ), tidak menyia-nyiakan keberadaan Sungai Sampen yang mengalir di tengah Kabupaten Bondowoso dengan menggarap wisata olahraga arus deras pemacu adrenalin dengan nama BOSAMBA ( Bondowoso Sampean Baru ).
          Tanpa banyak perencanaan 5 orang penikmat alam atau biasa disebut BOLANG ( Yourdan, Eko, Agus, Diaz dan Awak ) segera tancap gas dari rumah agus ( yang pasti setelah menikmati sarapan lele goreng ) menuju shelter Bosamba di Kecamatan Taman Krocok. Sesampai dilokasi kami disambut pemandangan Sungai Sampean Baru yang tenang, sangat pas untuk lokasi start.
BOSAMBA RAFTING 1

          Setelah melakukan regester, kami langsung disuguhi fasilitas life jackets ( pelampung ) berbahan polyfoam dengan daya apung tinggi, helm, dan paddle ( dayung ). Setelah semua kami terima kini tinggal mempelajari Paddle Command ( instruksi yang diberikan skipper dalam pengarungan ) mulai dari forward, backward, turn left, turn right, boom dan stop.
          Dirasa  mulai memahami Paddle Command kami segera mengarungi Sungai Sampean Baru dengan diawali berdoa bersama-sama untuk keselamatan selama pengarungan, setelah itu terdengar Paddle Command forward yang lantang dari skipper yang artinya kami harus mendayung maju sebagai awal petualangan dimulai.
          Menyusuri lokasi start yang masih tenang membuat kami tak sabar melalap jeram - jeram yang ada, tak lama kemudian riak air yang terbentur tumpukan batu sungai mulai terlihat, sepertinya, kita akan melewati jeram pertama. Ditengah pengarungan kita istirahat sejenak sambil menikmati hangatnya teh dan gorengan yang telah disediakan pengelola Bosamba ( Mantap banget )
selama pengarungan kita melewati 2 jeram ekstrim yaitu
  • Jeram Triple S ( jeram atas dan jeram bawah );
  • jeram jepit.
BOSAMBA RAFTING 2

 

Selain jeram kita dapat juga menikmati :
  • Indahnya pemandangan dinding batu yang kokoh di kiri kanan sungai;
  • Gua kalelawar yang banyak dihuni mamalia terbang dari ordo chiroptera;
  • Melompat dari jembatan gantung dengan ketinggian sekitar 15 meter dari permukaan air sungai sampean baru ( sensasi bunuh diri );
  • Hingga lompat dari batu Titanic ( disebut Titanic karena bentuknya mirip haluan kapal laut ).
 BOSAMBA RAFTING 3
         


        Sekitar 2,5 jam kami menyusuri Sungai Sampean Baru akhirnya sampai di titik finish. kami kembali ke lokasi shelter Bosamba menggunakan mobil angkut yang telah disediakan pengelola sebagai salah satu fasilitas pelayanan. Sesampai di shelter Bosamba segera kami bergantian membersihkan diri, maklum kamar mandinya baru ada 2.
         Kurang lebih 3 jam badan dalam keadaan basah sambil berolahraga, pasti metabolisme tubuh bekerja ekstra, dampaknya kalori tubuh banyak terbakar yang pada akhirnya rasa lapar tak tertahankan muncul. Tak perlu kuatir Pengelola Bosamba mengerti itu, fasilitas terakhir yang kami dapatkan adalah konsumsi tingkat berat alias Mamirat ( Makanan & Minuman Berat ). Pas banget Nasi hangat yang ditempatkan di anyaman bambu ditemani telor goreng, sayur tewel, sambal, tempe goreng lapis tepung, krupuk, urap mentah / terancam dan segelas teh / kopi hangat benar - benar mengganti kalori yang telah dikeluarkan. MANTAP JAYA.

TIPS :
TINGKAT KESULITAN DI BOSAMBA RAFTING ADALAH GRADE 2 YANG ARTINYA SANGAT AMAN UNTUK PENGARUNGAN DENGAN ANGGOTA KELUARGA, JIKA ANDA MENGINGINKAN KEGIATAN PENGARUNGAN YANG LEBIH MENANTANG DI BOSAMBA DAPAT MENGUNJUNGI BOSAMBA RAFTING PADA MUSIM PENGHUJAN. DIJAMIN LEBIH MEMACU ADRENALIN.


BERIKUT DAFTAR HARGA LAYANAN ADVENTURE DI BOSAMBA :

1. RAFTING
  • Short Trip ( 7 Km )Rp. 75.000,- / pack  dan Long Trip ( 14 Km )Rp. 175.000,- /pack.
  • Fasilitas Short Trip = Perlengkapan standart, Guide / Skiper, Snack, Air Mineral, Transportasi Lokal, asuransi
  • Fasilitas Long Trip = selain tripnya lebih panjang, fasilitasnya sama dengan yg diatas hanya mendapat tambahan Makan siang setelah tiba di base camp.

2. PAINT BALL 
  • Harga Rp. 150.000
  • Min 20 pax

3.  FLYING FOX
  • Harga Rp.30.000
  • Min 20 Pax

4. TRAIL ADVENTURE
  • Harga Rp. 450.000
  • Min 6 pax

5. AIR SOFT GUN
  • Harga Rp. 150.000
  • Min 10 Pax
Related tags : Bosamba, Rafting Bosamba, Arung Jeram Bosamba, Bondowso Sampean Baru, Olah Raga Arus Deras, Orad Bosamba.

BOSAMBA dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, dxi2, BOSAMBA, BOSAMBA, BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA BOSAMBA

8 komentar:

Darmawan Saputra mengatakan...

terima kasih banyak atas artikel yg bermanfaat ini..


Salam Sesama Anak Bondowoso :)

Kalau boleh tau anda bondowoso, yang dimana ya ?

kalau saya di kota kulon :)


# Semoga sehat selalu & Salam kenal :)

Unknown mengatakan...

salam kenal juga terimakasih doanya.

blog ini belum ada apa2 dibanding http://onlyx-45.blogspot.com/ yang lebih banyak artikel bermanfaat.

kalau saya di tenggarang. kota kulon mana tepatnya?

erna mengatakan...

boleh tuh mz...
jauh gilaaaa hahhahahaha

Unknown mengatakan...

monggo dek klo ndak ada kerjaan kita maen2 ke bondowoso, sekalian ajak temen2 juga. emang jauh knp? toh ada kendaraan massal sekarang, hehehehe....

Semar Bingung mengatakan...

Kunjungan balik, Sob.

Terimakasih atas kunjungan dan berkenannya mengeposkan komentar di blog saya.

Salam kenal dan salam berbagi. :)

Leily Suci Rahmatin mengatakan...

Makasih abang postingx bantu banget buat ngelengkapi tugas ku,,

Unknown mengatakan...

Terimakasih juga mbak Leily Suci Rahmatin atas kunjungannya di blog sederhana ini.

Unknown mengatakan...

halo kak, saya dari surabaya ingin berlibur ke bondowoso dan cobain rafting bosamba.
mungkin kakak ada info price list yang tahun ini dan mau tanya bosamba rafting ada web resminya gak yah ?
thank you kak info blognya ^^